Selamat datang di blog zyfa syafara alias fahrur

Download

Kamis, 16 Juni 2016

Cara Agar Bau Mulut Tetap Segar dan Enak saat Berpuasa


Pada bulan Ramadhan, umat muslim diseluruh dunia wajib berpuasa selama 1 bulan penuh. Saat itulah seluruh umat muslim sedunia harus selalu menjaga kebersihannya terhindar dari bakteri, agar bau mulutnya tetap segar dan enak.  Bau mulut saat berpuasa merupakan salah satu masalah yang dialami oleh banyak orang. Bau yang terlalu menyengat bisa membuat orang lain maupun diri sendiri menjadi tidak nyaman saat mengobrol.

Meskipun bau mulut orang yang berpuasa jauh lebih wangi (di hadapan Allah SWT) dari minyak kastrui, namun secara kasat mata, tentu sangat mengganggu dalam pergaulan, terutama saat kita mengobrol dan berbincang-bincang dengan teman kerja maupun teman sekolah, dll.

Berikut beberapa tips yang dapat Anda praktekkan dirumah agar bau mulut Anda tetap segar dan enak sepanjang puasa ramadhan :

1. Menyikat gigi dengan benar

Usai sahur pastikan Anda telah menyikat gigi dengan benar. Baik sisi depan, belakang hingga permukaan kunyah gigi belakang pada rahang atas dan bawah agar tak ada sisa makanan tertinggal di gigi. Jangan terburu2 dalam menyikat gigi dan jangan menunda gosok gigi untuk tidur terlebih dahulu setelah kita sahur.

2. Sikat bagian atas lidah

Lidah itu permukaannya kasar yang berupa tonjolan bernama papila yang memungkinkan sisa makanan menempel di atasnya. Untuk menyingkirkannya, sikat bagian atas lidah menggunakan sikat gigi atau alat khusus pembersih lidah.  

3. Hindari makanan berbau menyengat

Makanan seperti petai, jengkol dan durian ini perlu dihindari karena efek dari makan ini menyebabkan bau mulut jadi tak sedap.

4. Hindari merokok
Karena merokok dalam kondisi tak berpuasa pun merupakan salah satu penyebab bau mulut yang tak sedap.

5. Banyak minum air putih

Bau mulut makin tajam bila kondisi mulut kering. Oleh karena itu pastikan banyak mengonsumsi air putih pada saat sahur, berbuka, dan malam hari.

1 komentar:

Posting Komentar